Suatu hari saya tidak sengaja iseng-iseng mengetik keyword cara mencegah pembajakan ebook. Memang keluar beberapa blog atau forum yang membahas hal ini. Tetapi rata-rata kebanyakan belum ada solusi yang paling tepat.
Ebook merupakan terobosan baru di 'dunia buku'. Suatu saat kelak kita tidak lagi membaca buku dalam bentuk kertas, melainkan membaca buku dalam bentuk ebook. Namun, seperti halnya produk buku konvensional. Ebook juga tidak luput dari pembajakan.
Berbagai cara ditempuh untuk menghindari pembajakan ebook. Namun seiring dengan itu, berbagai cara juga dapat ditempuh oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menggandakan dan menyebar luaskan secara illegal alias membajak.
Mari kita lihat perjalanan upaya menangani pembajakan ebook.
  • Melindungi dengan Password
Sebagai pembuat ebook, tentunya anda sudah faham dengan pdf creator. Saya tidak akan membahas masalah itu. Saya anggap anda sudah menguasai tentang cara pembuatan file .pdf dengan passwordnya. Jika anda belum tahu, silahkan klik artikel saya tentang cara membuat .pdf file dari ms.word baik dengan password maupun tanpa password.

Yang menjadi masalah adalah apakah dengan memberikan password pada ebook file .pdf anda akan menyelamatkan ebook anda dari pembajakan? Saya yakin anda sudah dapat menerka sendiri jawabannya. Betul sekali! Jawabannya adalah 'sama sekali tidak'. Mengapa?

Cara seperti ini sama sekali tidak menyulitkan para pembajak untuk membajak ebook anda. Caranya simpel, tinggal menyertakan password untuk setiap file .pdf yang diunggah, maka masalah teratasi (model gini sih pembajak kelas teri juga tau boss..)

Apa akibatnya? sekali saja ebook anda berada ditangan pembajak, maka hal itu berarti sama dengan ebook anda sudah dibajak oleh ratusan bahkan ribuan para plagiat. Betul tidak? ebook anda akan berlipat ganda dan tersebar dimana-mana, terombang-ambing termasuk dengan password-passwordnya. Dan akhirnya ebook anda tidak bernilai lagi.
  • Pengarsipan dengan .zip dan password
Cara seperti ini juga memiliki nasib yang sama persis dengan cara pertama. Pembajak akan selalu menyertakan passwordnya untuk dapat membagi-bagikan ebook kita secara gratis. Dan akhirnya kita sendiri sebagai pemilik ebook tetap terkena getahnya.
  • Penggunaan software
Apakah anda pernah mendengar software pembuat ebook? Software pembuat ebook biasanya bisa membuat ebook seakan-akan seperti buku beneran. Anda akan dimanja dengan membuka atau menutup lembar demi lembar halaman ebook yang anda baca. Nah, biasanya ebook model ini juga mempunyai kode sandi pengaman, baik itu menggunakan username, email maupun password. Dan metode ini tetap menjadi sasaran empuk para pembajak, karena mereka tetap mengikut sertakan username, password atau email dari pembeli resminya.
  • Apakah anda ada solusi untuk masalah ini?