Silymarin (silybium marianum) telah digunakan secara medis selama lebih dari 2.000 tahun, silymarin paling sering digunakan untuk pengobatan gangguan hati dan kantong empedu. Silymarin tersusun atas 3 macam flavonoid, yaitu :  silybin, silychristin dan ... Silymarin diekstrak dari biji Silymarin dan diyakini menjadi komponen aktif biologis. Silymarin dalam bahasa Inggris sering disebut juga sebagai Milk Thistle.
Milk thistle telah mendapat pengakuan di Eropa dan AS. Banyak orang Eropa menggunakan milk thistle sebagai suplemen untuk melindungi hati mereka dari efek alkohol, lingkungan atau tempat kerja yang tercemar. Di Eropa, Silymarin bahkan turut diresepkan untuk mengobati sirosis hepatis alkoholik, hepatitis kronis, narkoba dan penyakit lain seperti hepatitis virus akut.

Silymarin disetujui dalam Komisi Monographs Jerman sebagai pengobatan suportif untuk kondisi inflamasi hati seperti sirosis, hepatitis, dan infiltrasi lemak yang disebabkan oleh alkohol dan racun lainnya.

Silybum marianum merupakan  ramuan yang mempunyai sifat antioksidan yang kuat. Dengan kondisi lingkungan kita yang semakin tercemar, ketergantungan kita menggunakan obat-obatan kimia, dan resiko terinfeksi terhadap organisme menular yang merusak hati, kebutuhan kita untuk perlindungan hati sangat penting.

Bagaimana Silymarin Bekerja ?

Milk thistle memberikan perlindungan hepatoseluler dengan menstabilkan membran sel hati. mengubah struktur membran sel terluar hepatosit sedemikian rupa untuk mencegah penetrasi racun hati ke bagian dalam sel. Efek stimulasi pada polimerase nucleolar Sebuah hasil dalam peningkatan sintesis protein ribosom, dan dengan demikian meningkatkan kemampuan regeneratif hati dan pembentukan hepatosit baru. Tindakan lain termasuk gangguan resirkulasi racun enterohepatik dan regenerasi hepatosit yang rusak.

Sebuah studi hewan yang dilakukan pada tikus menunjukkan penurunan dalam administrasi kerusakan ginjal berikut cisplatin tanpa mengurangi aktivitas anti-tumor. Penelitian lain menunjukkan flavonoid dalam  milk thistle memiliki efek antikanker dengan menginduksi G1 dan penangkapan fase S dalam sel. Data menunjukkan bahwa milk thistle dapat mencegah kerusakan hati dari obat hepatotoksik termasuk butyrophenones, fenotiazin, dan fenitoin.

Fungsi Utama untuk Hati

Milk thistle mencegah racun masuk ke hati dengan menjaga saluran-saluran pada organ membran sel hati. Dengan memperlambat tingkat penyerapan zat berbahaya, racun diekskresikan melalui ginjal sebelum menyebabkan kerusakan hati. Contoh yang paling jelas adalah kemampuan Milk Thistle untuk memblokir racun dari jamur beracun (Amanita phalloides), salah satu dari jenis jamur beracun.

Dalam kelompok 49 pasien dengan keracunan Amanita, dokter dinilai hasil ¡° menakjubkan ¡± ¡° dan spektakuler, ¡± setelah pasien diberi suntikan (20 mg / kg sehari) dari silybin, konstituen utama dalam Milk Thistle. Semua pasien selamat, meskipun mereka diperlakukan 24 sampai 36 jam setelah keracunan, ketika kerusakan hati dan ginjal telah terjadi. Angka kematian di ruang gawat darurat dari keracunan Amanita biasanya 30 sampai 40 persen.8 tindakan Milk thistle dengan cara yang sama untuk mendetoksifikasi bahan kimia sintetik lain yang menemukan jalan mereka ke dalam tubuh kita, dari acetaminophen dan alkohol untuk logam berat dan radiasi.

Banyak dari efek perlindungan Susu Thistle adalah karena silymarin kompleks flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat, menggabungkan dengan dan dengan demikian menetralkan radikal bebas berbahaya yang dihasilkan dari proses metabolisme normal dan dari pemecahan zat beracun. Setidaknya 10 kali manjur sebagai vitamin E, silymarin juga membantu meningkatkan kadar dua antioksidan tambahan, glutation dan superoksida dismutase (SOD).

Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa silymarin dapat meningkatkan kandungan glutathione dalam hati dan usus hingga 50 persen. Silymarin juga meningkatkan aktivitas SOD dalam eritrosit (sel darah merah) dan limfosit (sel darah putih) yang dibentuk dalam jaringan limfatik pada pasien dengan hati disease.Because silymarin adalah antioksidan kuat dalam perut dan usus, juga mungkin memiliki peran untuk bermain dalam merawat kondisi peradangan seperti radang usus besar dan borok.

Ketika kerusakan telah dilakukan, Milk Thistle membantu hati dalam memperbaiki sel-sel yang terluka dan menghasilkan yang baru. Hal ini dilakukan dengan merangsang sintesis protein melalui Protein enzim RNA polimerase I. adalah blok bangunan dasar dari dinding sel, struktur sel, dan enzim yang penting untuk semua proses tubuh.

Bukti terbaru (pemodelan molekul) menunjukkan bahwa silybin konstituen mungkin bertanggung jawab untuk merangsang sintesis protein, karena meniru hormon steroid. Silybin meningkatkan sintesis protein hingga 25 sampai 30 persen, dibandingkan dengan kontrol. Kemampuan regeneratif milk thistle adalah penting untuk mengobati kondisi serius seperti hepatitis kronis, sirosis, dan deposito lemak racun dalam hati.

Bukti terbaru menunjukkan bahwa silymarin mungkin hanya sebagai penting bagi kesehatan ginjal. Silymarin berkonsentrasi dalam sel ginjal, di mana ia membantu dalam perbaikan dan regenerasi dengan protein meningkat dan sintesis asam nukleat. Satu studi menunjukkan bahwa peningkatan replikasi sel sebesar 25 hingga 30 persen.

Dari banyak senyawa yang membentuk kompleks silymarin, silybin dan silychristin adalah dua senyawa yang paling ampuh, menurut studi farmakologi saat ini.
Sayangnya, senyawa ini relatif sulit diserap oleh saluran pencernaan. Beberapa studi menunjukkan tingkat penyerapan hanya 20 sampai 50 persen, yang menjelaskan mengapa sangat penting untuk mengambil ekstrak Susu Thistle standar untuk memastikan konsentrasi tinggi dari bahan aktif.

Beberapa produsen mengklaim bahwa menggabungkan Milk Thistle dengan fosfatidilkolin meningkatkan penyerapan.

Anda berminat untuk mencoba produk herbal Silymarin ? Lihat produk Silymarin disini.