Jamur Kandida pada Plate Agar
Kandida adalah jamur yang secara normal memang ada dalam tubuh, mulut pencernaan dan kulit. Kandidiasis atau thrush adalah infeksi jamur (mikosis) dari salah satu spesies Candida (semua ragi), dan yang paling sering menginfeksi dalam tubuh adalah jenis Candida Albicans. Orang sehat biasanya memiliki jamur kandida dalam jumlah yang sedikit. Namun, jika sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, maka jamur akan berkembang biak dengan cepat. Seseorang dengan defisiensi sistem imun, seperti pasien dengan HIV atau AIDS, dapat menderita infeksi kandida berat, yang disebut kandidiasis sistemik.


Gejala kandidiasis sistemik adalah :

Infeksi Jamur pada Vagina

Kandidiasis Vagina
Wanita dengan kandidiasis sistemik sering menderita infeksi jamur vagina. Gejala infeksi jamur pada vagina termasuk gatal, bengkak, keluarnya keputihan dan nyeri saat buang air kecil. Wanita sehat juga bisa mendapatkan infeksi jamur vagina, namun akan lebih mudah disembuhkan dengan pengobatan topikal / lokal. Wanita dengan kandidiasis sistemik akan lebih sering untuk terkena infeksi jamur dengan tingkat kesembuhan yang lebih sulit.




Infeksi pada Mulut dan Tenggorokan

Kandidiasis Lidah


Infeksi jamur di mulut dan tenggorokan terkadang disebut sariawan. Sariawan dapat diidentifikasi dengan bintik-bintik putih. Nah, jika bintik luka berwarna  kuning maka patut curiga bahwa jamur yang tumbuh disitu adalah Candida Albicans, biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman dan sensasi seperti terbakar. Terkadang sariawan dapat hadir tanpa gejala. Pada beberapa orang sariawan sering muncul ketika stress psikis meningkat.




Terserang Infeksi

Kandidiasis Usus
Kandida di tenggorokan dan kerongkongan merupakan manifestasi parah pada kandidiasis sistemik. Gejala yang sering muncul adalah kesulitan menelan, nyeri dada dan mual. Sekitar 20 % pasien AIDS mengalami infeksi kerongkongan, yang jika tidak segera diobati dapat menyebar melalui saluran pencernaan. Mengakibatkan gangguan pencernaan karena terjadi kandidiasis pada usus dan pada akhirnya malnutrisi. Semuanya berputar seperti lingkaran setan.




Infeksi kulit

Kandidiasis Kulit
Infeksi jamur dapat mempengaruhi kulit dan kuku pada orang dengan kandida sistemik. Ragi dapat tumbuh subur di daerah kulit yang lembab, seperti ketiak, selangkangan, di bawah payudara dan di bawah skrotum. Kandida juga dapat tumbuh di sekitar tepi luka bakar dan luka traumatik, di lokasi kateter atau peralatan medis lainnya. Orang yang memakai kuku buatan, atau mereka yang tangannya sering basah mungkin menderita infeksi kandida pada kuku mereka. Gejalanya meliputi nyeri kuku, retak dan menguning.



Kandidiasis diseminata

Beberapa pasien dengan kekurangan sistem kekebalan tubuh yang berat dapat menderita infeksi kandida di seluruh tubuh mereka. Otak, jantung, mata, ginjal, hati, bahkan sendi, semuanya bisa terpengaruh. Ini adalah kondisi yang mengancam jiwa, dan harus segera diobati.

Referensi :
  • Mayoclinic.com
  • Medline Plus: Yeast Infections