Anda mungkin sudah pernah mendengar tren blogging menggunakan autoblog. Jika Anda pernah membaca postingan blog yang dibawahnya terdapat link menuju artikel sesungguhnya, bisa diperkirakan bahwa si empunya blog melakukan posting blog orang lain menggunakan Autoblog engine. Ya, itu merupakan salah satu ciri dari postingan blog yang menggunakan plugin autoblog.

Ada 2 engine autoblog yang sudah sangat terkenal, yaitu :

  • Autoblog Samurai
  • WP Robot
Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut penjelasan detailnya :

Autoblog samurai, bisa digunakan untuk kepentingan blogging yang lebih kompleks. Ia bisa digunakan untuk engine blogspot ataupun wordpress. Memiliki kemampuan untuk merangkul feed tidak terbatas. Mampu mentranslate artikel kemudian posting secara otomatis. Jika Anda ingin mencobanya bisa download disini secara gratis. Anda tidak akan susah-susah untuk melakukan registrasi ataupun crack, karena sudah dibuat sedemikian rupa sehingga Anda tinggal instal and play saja.

Kekurangan dari Autoblog Samurai :
  1. Posting tidak unik. Artinya, posting otomatis yang didapatkan oleh Autoblog Samurai memang berasal dari posting blog orang lain dan tidak ada perubahan sedikitpun pada postingan blog sehingga memang sangat terlihat sebagai hasil Copas.
  2. Hasil translate bahasa buruk. Penterjemahan Autoblog Samurai menggunakan Bing / Google Translate. Penterjemahan menggunakan kedua Engine tersebut hanya bisa digunakan untuk memahami konten, karena secara tata bahasa susunan kalimat hasil translate dari kedua engine tersebut terkadang terlihat canggung / kurang pas. Sehingga pembaca akan mengkerutkan kening...

Demikian halnya dengan WP Robot, plugin yang satu ini mengkhususkan diri untuk auto posting konten blog pada blog dengan engine Wordpress. Sistem kerjanya sama, yaitu merangkul feed tanpa batas. 

Namun, saya tidak sarankan Anda untuk menggunakan keduanya. Pada akhirnya, spiderbot akan mengetahui bahwa postingan blog Anda hanya hasil dari copas alias copy paste dari blognya orang lain. Google akan memberitahu Anda bahwa postingan Anda bajakan kemudian iklan adsense milik Google tidak akan muncul di blog Anda. Pada beberapa waktu kemudian, bahkan Google tidak segan-segan untuk mem Banned account blog Anda!