Anda mungkin sudah terbiasa dengan Gadget Social Bookmark, apalagi sekarang sudah ada pada pilihan Gadget di blog Blogspot.com. Baik itu Digg, Stumble Upon, Technorati, Twitter, Facebook dan lain-lain. Jumlahnya sangat banyak. Namun, Blogspot rupanya belum membuat gadget untuk bookmark browser. Apabila Anda menggunakan firefox berbahasa Indonesia versi terbaru, maka Bookmark lokal / browser akan Anda temui dengan istilah Markah.


Bookmark lokal / markah yang tersimpan pada browser pembaca akan mempermudah bagi pembaca untuk membuka kembali blog kita (yang tentunya menurut pembaca tersebut cukup berguna sehingga disimpan di bookmark) Lalu bagaimana Cara Membuat Link Bookmark yang tersimpan di Browser pembaca? Tips berikut untuk memudahkan pengunjung menyimpan alamat blog kita pada browser mereka, yuk lanjut maang.. :

Pada browser-browser baru telah terdapat menu bookmark, bagi para pengguna internet pribadi mungkin fasilitas bookmark ini sudah biasa digunakan, kita bisa saja mem-bookmark secara manual oleh pengunjung sendiri jika di rasa situs yang dikunjunginya itu penting. Sedangkan bagi kita para blogger tidak ada salahnya untuk menempelkan link bookmark pada blog kita, sehingga proses bookmark hanya membutuhkan beberapa klik. Hal ini akan membantu para pengunjung untuk lebih cepat mem-bookmark blog kita pada browser-nya.

Membuat Link Bookmark Untuk Browser pada Blogger
1 Login ke Blogger
2 Cari kode dibawah ini:

</head>

3 Masukan kode dibawah ini diatas kode pada langkah 2:

<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
function book(){
if(document.all)window.external.AddFavorite("http://bloganda.blogspot.com/","Berbagai Cara");
else if(window.sidebar)window.sidebar.addPanel("Berbagai Cara","http://bloganda.blogspot.com/","");
}
//]]>
</script>

4 Tempatkan kode dibawah ini dimana saja sesuai keinginan anda:

<a href="javascript:book();" id="star" target="_self" title="Add to Favorites">Bookmark</a>

5 Simpan template dan preview lalu klik link bookmark tersebut.

Keterangan:

    Ubahlah kedua link "http://bloganda.blogspot.com/" sesuai dengan alamat blog anda.
    Ubahlah kedua kalimat "Berbagai Cara" sesuai dengan nama blog anda atau sesuai keinginan anda.
    Script ini baru bisa berjalan pada Firefox dan IE, selain itu belum pernah dicoba.

Salam Blogger, Semoga Bermanfaat ya... jangan lupa bookmark blog ini. Caranya, klik pada link yang bertuliskan simpan blog ini pada pojok kiri atas blog ini. Nah, itu dia contohnya.. manis bukan. Oke dech, ayo kita coba...hehe.

Sumber : Blog Tune Up