Anda sudah tahu apa itu Blogging? Blogging adalah aktivitas individu didalam menuliskan segala kreatifitasnya di internet. Berbeda dengan Website, blog dikenal lebih interaktif karena setiap penampilan artikel kemudian diikuti oleh komentar pembaca dan respon penulis. Ada banyak fasilitas gratis untuk mendukung blogging. Dua yang terkenal yaitu Blogspot atau Blogger.com dan wordpress.com. Keduanya menyediakan layanan gratis untuk blogging. Blogspot atau Blogger.com sendiri merupakan layanan gratis blog dari Google.


Sebelum dapat membuat blog gratis di Blogger, yaitu salah satu layanan blog gratis dari Google. Anda sebaiknya menyiapkan akun email dari Gmail dulu. Kenapa Saya sarankan memakai Gmail, karena Gmail merupakan akun email gratis dari Google seperti layaknya Blogger. Akun Gmail nantinya selain berguna untuk login email, juga akan anda gunakan sebagai login Blogger Anda nantinya. Saya anggap Anda sudah mempunyai akun Gmail.

Mari kita mulai cara membuat blog di blogger. Berikut langkah-langkah membuat blog di blogger, Anda login ke Blogger.com, selanjutnya klik link “Buat Blog“.

Pada langkah pertama membuat blogger, Anda akan diantarkan ke halaman Ciptakan sebuah akun google. Dihalaman ini Anda diminta untuk mengisi form yang meliputi alamat email Anda, ketik ulang alamat email Anda, masukkan password yang anda inginkan, masukkan password kembali, nama tampilan untuk menandai postingan Anda, selanjutnya mengetikkan kata verifikasi yang ditampilkan di halaman ini. Yang terakhir Anda aktifkan checklist/checkbox sebagai indikasi bahwa Anda telah membaca dan menerima Persyaratan Layanan Blogger.

Setelah selesai, klik “lanjutkan” sebagai lanjutan cara membuat blog di blogger.

Pada langkah kedua membuat blogger, Anda akan masuk pada halaman Beri nama blog Anda. Pada halaman ini Anda diminta memasukkan judul blog yang Anda inginkan (Judul blog akan muncul pada blog yang Anda publikasikan, pada dasbor, dan pada profil Anda).

Setelah itu Anda mengisi alamat blog (URL). URL yang Anda pilih akan digunakan oleh pengunjung untuk mengakses blog Anda. Misalkan namaanda.blogspot.com Setelah selesai, klik “lanjutkan“. Sudah hampir selesai langkah-langkah membuat blog di blogger.

Pada langkah ketiga membuat blogger, Anda masuk pada halaman Memilih Template untuk blog Anda. Ini adalah tampilan yang akan muncul ketika Anda mempublikasikannya. Pilihannya beragam dan sesuaikan dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesuai dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema default agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya. Setelah selesai, klik “lanjutkan“.

Selesai sudah langkah anda membuat blogger atau langkah-langkah membuat blog di blogger. Selamat berkreasi dengan blog Anda.