NFS Most Wanted adalah perlombaan permainan dengan mobil super. Dalam game ini NFS Most Wanted diartikan sebagai sopir yang suka ngebut sedang dikejar oleh polisi dan lalu lintas yang paling cepat .. Kata Most Wanted adalah seseorang yang sangat dicari karena sulit ditangkap dan menghilang ketika dikejar.


Cerita game ini memiliki modus karir selain gaya bebas dalam mengendarai kendaraan. Untuk permainan karir, pemain harus menyimpan dan mendapatkan uang untuk mendapatkan kendaraan baru. Kesulitan NFS Most Wanted permainan dimulai ketika Anda harus mendapatkan posisi 15 driver utama yang paling dibenci dan dicari polisi. Anda harus mengalahkan satu demi satu sambil mengumpulkan uang untuk model kendaraan baru. Berikut permainan kesulitan NFS Most Wanted, walaupun memiliki cukup uang tetapi, kendaraan baru  yang lebih cepat tetap sulit. Memiliki kendaraan baru hanya akan didapat ketika Anda mengalahkan dari daftar pesaing secara satu persatu.

Sayangnya, lawan dengan kendaraan yang telah di upgrade listrik juga dilengkapi dengan nitrogen (NOS). Berikut kesulitan melawan kendaraan lawan, selain kendaraan mereka lebih cepat dari mobil Anda. Untungnya trek balap jalur rute bypass adalah masih tersedia untuk menangkap lawan. Dan Anda harus jeli ketika menggunakan rute yang kecuali mobil Anda sudah dilengkapi dengan sistem kekuasaan NOS.

Semakin tinggi Anda mengalahkan 15 besar akan muncul kendaraan super cepat. Ketika di awal permainan Anda menggunakan BMW M3 dengan kecepatan tertinggi sekitar 250km dari NOS​​. Dalam kecepatan mobil super mobil Anda dengan mudah akan didorong lebih dari 300 km per jam. Bila Anda memiliki kendaraan ini akan lebih mudah untuk mengalahkan lawan tentu saja. Sayangnya, ketika Anda memulai karir Anda sebagai sopir, kendaraan Anda hanya di bawah kecepatan 150 km per jam. Penasaran?